CARA SEDERHANA MENCEGAH PROXY WAR

guna
Pada tulisan sebelumnya pengertian proxy war adalah perang senjata antar dua kekuatan yang mana dua kekuatan ini tidak mengetahui bahwa salah satu di antara mereka terpedaya oleh hasutan kekuatan di luar mereka. Hasutan itu dilancarkan untuk mengeruk keuntungan dari salah satu kekuatan yang bertikai tersebut. Proxy War semacam ini adalah pengertian secara konvensional (khusus). Adapun dalam perkembangannya proxy war dapat didefinisikan secara luas yaitu upaya menanamkan pengaruh terhadap kelompok masyarakat, lembaga dan serta individu
Di era modern ini khususnya setelah reformasi bentuk – bentuk proxy war sangat mudah kita temui bahkan menjadi konsumsi wacana setiap hari. Semisal Seperti periklanan komersiil, wacana media, isu HAM, Demokrasi dsb. Proxy war sebenarnya merupakan perilaku yang sangat dekat dengan kita bahkan terkadang kita juga ikut melakukannya, entah sebagai pelaku maupun sebagai yang terpengaruhi. Ada sebuah pepatah kuno yang mengatakan begini “Ada Udang di balik Batu” maksutnya apa, maksutnya adalah terdapat niat tersembunyi di balik perbuatan yang kita lakukan. Sedangkan di era kekinian ini proxy war dapat dikategorikan sebagai perilaku MODUS (Modal Palsu). Istilah ini mempunyai makna yang sama dengan istilah pepatah di atas.
Jika sudah memahami pengertian yang telah disebutkan maka Proxy war dalam pengertian modern tidak hanya meliputi perang senjata antar kekuatan tetapi digunakan untuk berebut pengaruh atau kuasa agar dapat mengontrol salah satu kekuatan yang ada. Dengan demikian apa yang dapat kita lakukan untuk membentengi diri agar tidak mudah terpengaruh oleh proxy war yang semakin menyeluruh ini. Berikut tips dari Letjen Gunawan (Dandim Kab. Kulon Progo), dalam sebuah seminar di hotel Grage, Kota Yogyakarta, pertama; membentuk diri yang berkarakter, kedua; bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat, ketiga; mencintai alam dan keempat; selalu tetap ibadah dan jangan lupa pada Allah SWT. Semoga bermanfaat.